valve Terdapat 5 fungsiĀ  yang utama: sebagai on-off, flow control, directional flow, over-pressure protection dan excess-flow protection. Memilih tipe valve yang tepat sesuai fungsinya adalah langkah pertama dan terpenting pada proses pemilihan valve.

Pada penerapan di lapangan, jarang ditemukan adanya ketidaksesuaian pada penggunaan jenis valve tertentu. Misalnya ball valve yang digunakan untuk throttling-flow.

Pada beberapa kasus, kesalahan pemilihan dapat berakibat catastrophic. Contohnya ketika ball valve digunakan pada sistem high-pressure oxygen. Ketika ada sumber ignition, ledakan dapat terjadi dengan tiba-tiba. Hal ini karena ball valve akan membuka dengan cepat karena rentang actuation-nya hanya seperempat putaran.

Fungsi Valve

Di bawah ini adalah penjelasan fungsi valve sesuai tipenya.

VALVE

1. On-Off

On-Off valve adalah fungsi yang paling mendasar dari sebuah valve. Valve jenis ini berfungsi menghentikan dan membuka kembali aliran fluida di dalam sistem.

Valve jenis ini contohnya adalah ball, gate, diaphragm, dan bellow valve.

 

Ball valve adalah jenis valve yang paling umum digunakan untuk fungsi On-Off. Karena hanya dengan mengatur seperempat putaran, valve sudah menutup dan membuka penuh.

2. Flow Control

Flow control valve adalah valve yang dapat dioperasikan oleh operator untuk menambah atau mengurangi flow. Proses pengaturan ini dilakukan dengan cara mengatur putaran handwheel sehingga valve akan membuka atau menutup sampai mendapat flow yang diinginkan. Ketika sudah berada pada flow tertentu, valve akan menahan laju alir ini dengan stabil.

3. Directional Flow

Fungsi valve yang ketiga adalah mengarahkan laju aliran fluida. Contohnya adalah check valve yang memastikan bahwa aliran fluida hanya bergerak ke satu arah saja.

VALVE
Shuttle Valve Two Directions

4. Over Pressure Protection Valves

Valve jenis ini fungsinya mencegah naiknya tekanan pada sistem melebihi batas maksimalnya. Tipenya ada dua jenis: relief valves dan rupture discs.

5. Excess Flow Valves

Excess flow valves berfungsi menghentikan aliran fluida yang tidak terkendali, yaitu jika terjadi line downstream (hilir) pecah.

Kami Menyediakan Berbagai Type Valve danĀ  Merk:

  • Valve MerkĀ  KITZ
  • Valve MerkĀ TOYO
  • Valve Merk ONDA
  • Valve Merk YOSHITAKE
  • Valve Merk SAMYANG VALVE
  • Valve Merk SANKYO
  • Valve Merk SOCLA
  • Valve Merk ARITA
  • Valve Merk SPIRAX SARCOĀ 

Kami menjual valve merk tersebut dengan harga kompetitif dan pelayanan terbaik. Jika Ada Pertanyaan atau Kebutuhan Lain Silahkan Hubungi Kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *